Segudang manfaat fitness

“Dengan rutin melakukan fitness maka akan mendapatakan tubuh yang sehat serta bugar,  apalagi didukung dengan mengkonsumsi  makanan empat sehat lima sempurna. Banyak cara untuk menjaga kesehatan jasmani salah satunya dengan fitness,” ucap Yadhi Hadijaya seorang binaragawan.

Banyak yang mengira bahwa melakukan fitness hanya mampu membentuk badan dan mengencangkan otot menjadi besar. Ternyata paradigma tersebut  membuat sebagian orang enggan melakukan fitness, mereka kerap mengeluarkan berbagai alasan agar dapat terhindar dari kegiatan tersebut. Salah satu alasannya yaitu dengan memiliki kesibukan aktivitas dengan jam terbang cukup tinggi, sehingga tidak sempat untuk mengunjungi fitness center. Padahal fitness tidak hanya dilakukan di fitness center saja, di rumah pun bisa. Bahkan di kantor pun kita dapat melakukannya, cukup dengan berjalan atau lari-lari di atas treadmill dan mengangkat barbel beberapa kali hingga mengeluarkan keringat.

Fitness termasuk bagian dari olahraga yang memiliki beragam manfaat yang belum diketahui oleh sebagian orang. Hal ini membantu meningkatkan produktifitas seseorang, karena dengan fitness tubuh jadi tidak mudah sakit. Tidak hanya itu, dengan fitness seseorang dapat bekerja lebih lama dan mampu mengambil keputusan di saat yang sulit. Serta meningkatkan pasokan darah dan oksigen ke otak, semua itu dapat meningkatkan fungsi otak dalam jangka panjang. Bila jasmani sehat serta bugar akan terhindar dari insomnia dan dapat membantu seseorang untuk mendapatkan tidur serta menjalankan kehidupan yang lebih berkualitas.

Fitness dapat dilakukan oleh siapa saja, tanpa harus memandang status ataupun kedudukan. Tidak ada ketentuan usia untuk melakukan rangkaian kegiatan ini, yang jelas pada saat melakukannya harus mengetahui kegunaan dari peralatan agar tidak terjadi kecelakaan saat menggunakan dan melakukan pemanasan sebelumnya. Khusus bagi seorang pemula terdapat tips yang bisa membantu dalam  memperoleh kebugaran tubuh dengan fitness selain motivasi, program, dan nutrisi yang baik. Ada beberapa tips yang dapat anda ikuti sebagai “beginner.”  Berikut ini uraiannya:

Tips Program Fitness Bagi Pemula

Lakukan pembentukan tubuh secara menyeluruh dan tidak terpusat pada satu bagian saja dengan konsisten minimal 2-3 bulan. Kegiatan tersebut dapat dilakukan di fitness center ataupun di rumah. Gunakan body building setelah pemanasan dan optimalkan alat beban tersebut pada bagian tubuh yang anda latih secara baik dan benar agar terhindar dari cidera.  Pada awalnya gunakanlah terlebih dahulu beban yang ringan dan secara berkala tambahkan berat pada alat beban. Gunakan sistem piramida  sebagai dari program.

Dengan melakukan gerakan pengulangan sebanyak tiga set untuk setiap latihan yang dilakukan. Gunakan berat ringan di awal kemudian tambah beban secara berkala pada set ke-2 dan ke-3 secara teratur frekuensi pun dikurangi. Contoh pada set ke-1: beban 10 kg sebanyak 15 kali, set ke-2: beban 12,5 kg sebanyak 12 kali, dan set ke 3: beban 15 kg sebanyak 10 kali. Sistem ini dapat mengurangi keletihan otot dan memaksimalkan tenaga yang ada.  Jangan lupa tentang cardio. Pastikan untuk memiliki beberapa cardio terlibat dalam latihan rutin. Dengan  waktu sekitar 25 menit di treadmill setidaknya tiga kali seminggu. Cardio benar-benar dapat membantu membakar lemak sehingga dapat memiliki otot yang kering. Cardio juga dapat membantu untuk memiliki jantung  yang sehat, namun jika berlebihan pun dapat membuat kurus seperti tiang listrik, jadi pastikan untuk menyeimbangkannya.

Selanjutnya perhatikan apa yang harus dikonsumsi.  Jika asupan nutrisi buruk, latihan tidak akan memberikan hasil yang baik. Jauhi makanan berminyak, kadar gula tinggi, dan tidak mengambil makanan dengan kandungan karbohidrat yang terlalu banyak.  Maksimalkan asupan nutrisi guna pembentukan otot dan tubuh yang optimal. Nutrisi yang mengandung gizi, mempengaruhi suasana hati, kesehatan, tingkat energi, dan ketahanan tubuh dalam melawan penyakit.

Ada beberapa prinsip gizi yang harus diikuti jika memilih hidup sehat. Hal ini menjadi proritas utama. Banyak jenis makanan yang berbeda, dengan banyak pula kandungan di dalamnnya. Poin yang harus dipehatikan ketika mengkonsumsi sesuatu adalah protein, karbohidrat, dan lemak dalam setiap makanan maupun kudapan.

Makanan yang harus dikonsumsi untuk pembentukan otot tubuh, khususnya: Lima porsi sayuran ditambah dua buah/hari, pilihlah daging organik tanpa lemak, ikan pun baik dikonsumsi dua kali dalam seminggu. Selain itu karbohidrat dengan kadar glukosa rendah harus diperhatikan. Sebaiknya pun makanan tidak terlalu banyak menggunakan gula ataupun garam.

Segudang manfaat dapat didapat lewat aktivitas fitness. Tak hanya baik bagi kesehatan, inipun bagus untuk menunjang penampilan. Estimasi biaya bisa diminimalisir sesuai kebutuhan. Jadi, tunggu apa lagi? Lakukan secepatnya.(Riana astuti 0910.411.142)

Leave a comment